Cara sukses budidaya ikan mujair - Karya Putra Rembang

Header Ads

Cara sukses budidaya ikan mujair


Ikan Mujair adalah sejenis ikan air tawar yang banyak di konsumsi oleh banyak orang indonesia. Jadi tidak heran kalau banyak orang berbondong bondong membudidayakan ikan mujair ini untuk mendapatkan keuntungan

Berikut cara dan Persiapan bisnis budidaya ikan mujair yang hemat biaya Dan dapat menghasilkan untung yang luar biasa. Dan yang paling terbukti menghemat biaya adalah budidaya ikan di kolam terpal

Kolam terpal 90% dapat menghemat biaya budidaya ikan mujaer
Kolam terpal adalah cara yang paling  efektif untuk budidaya ikan mujair maupun ikan yang lain seperti lele belut dll. Selain praktis kolam terpal jugadapat menghemat lahan karena kolam terpal dapat di buat dimana saja Bakan dihalaman rumah sekalipun.


Pembibitan ikan mujaer

Pembibitan ikan mujair bisa dilakukan dengan cara mengawinkan ikaan mujar betinah dan jantan di kolam pemijahan sehingga dapat menghasilkan telur dan nantinya telur tersebut akan menetas dan menjadi larva atau anak ikan
berikut Cara mudah membuat bibit ikan mujair sendiri

Pembesaran dan perawatan ikan mujaer
Pembesaran ikan mujair dapat dilakukan dengan cara menabur benih ikan di kolam pembesaran. Tentunya dengan cara memberi makan setiap hari sampai  ikan siap di panen
Berikut Cara merawat dan memberi pakan ikan mujaer sampai siap panen 

Paska panen
Panen ikan mujair di lakukan dengan dua cara yang pertama dengan cara panen selektif.
Yang kedua dengan cara penanganan total
Umumnya Panen ikan mujair dapat dilakukan setelah ikan berumur 4-6 bulan. Biasanya ikan mujair Umur 4-6 bulan telah mencapai ukuran kurang lebih 200 gram/ekor. Dan siap di panen.

Panen dengan cara selektif
Panen selektif yaitu memanen memanen ikan mujair dengan cara memilih berdasarkan ukuran ikan. Tergantung ukuran ikan yang di minta oleh konsumen.

Cara memanen selektif  d dengan cara menggunakan waring yang di atasnya telah di beri umpan atau pakan dengan cara di salurkan di atas warung atau jaring. Nantinya ikan akan berkumpul di atas waring jadi kita dapat mudah untuk memilih ukuran ikan yang di minta oleh konsumen.

Kelebihan memanen dengan cara selektif adalah kita dapat menghemat biaya dan tenaga. Karena cara memanennya tanpa harus menguras air di kolam jadi ikan yang tidak terpilih dapat hidup dan berkembang sampai mencapai ukuran yang di inginkan konsumen lagi.

Panen ikan dengan cara Panen total
Panen total adalah panen yang dilakukan dengan cara mengambil semua ikan di kolam tanpa meninggalkan sisa sedikitpun.

memanennya total dengan cara menguras air didalam kolam dan hanya menyisakan ketinggian air 10 sampai 5 cm dari tanah (dasar tanah)

Pemasaran ikan mujaer
pemasaran dapat dilakukan dengan cara menjumpai agen agen di pasar tradisional yang bersedia menampung hasil panen.

Ataupun menawarkan di rumah rumah makan yang menyediakan menu ikan mujaer.

Dengancara mengandeng rumah rumah makan maupaun lestoran yang menyediakan kuliner ikan mujaer adalah cara yang paling efektif untuk perkembangan bisnis budidaya ikan mujaer ini.

Nilai gizi ikan mujaer
Kandungan gizi ikan mujaer yang paling menonjol adalah protein. Kandungan gizi dalam ikan mujaer mampu menyerdaskan otak pada anak. karena di dalam ikan mujaer  banyak mengandung omega-3, vitamin, mineral dan protein. Ada juga kandungan selenium, fosfor, kalium, vit B12, Vit B3, Vit B6 dan Vit B5.  

Artikel terkait

USAHA BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN LELE

1 comment

Unknown said...

thank nice infonya, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2OywjnM