Pembenihan budidaya ikan mas - Karya Putra Rembang

Header Ads

Pembenihan budidaya ikan mas


Usaha pembenihan ikan mas relatif mudah di lakukan di bandingkan usaha pembenihan gurami ataupun patin. Alasannya ikan mas dapat meminja secara alami, meskipun dapat juga di pinjah secara buatan. mengunakan hormon (hipofisa). Secara umum ikan mas dapat dipanen dengan ukuran 5-6 ekor/kg dalam waktu 3-4 bulan pemeliharaan. Namun saat ini ikan mas sudaDan dipanen setelah di pelihara selama 2,5 bulan.

Proses Pembenihan Ikan mas
agar sukses dalam usaha budidaya pembenihan ikan mas ada beberapa faktor yang harus di pahami sebagai berikut.

Ikan mas akan memijah setelah berumur 1,5 tahun. Jumlah telur yang dihasilkan antara 80.000 - 135.000 butir. 

Pisahkan induk jantan dan betina sebelum di lakukan peminjahan karen jika terjadi peminjahan dini hasil peminjahan tidak optimal. Rasio ideal induk Peminjahan adalah 2 jantan banding 1 betinah. 

hindari mengawinkan ikan dalam satu keturunan karena dapat memperlamah keturunan dan kualitas rendah.

Perhatikan Wadah yang di gunakan untuk Peminjahan sebaiknya peminjahan mengunakan kolam tanah atau kolam tembok. Karena Induk ikan mas lebih tertarik pada suasana bau ampoh ( tanah kering yang tersiram air ).

lakukan pendederan di kolam tanah. Tujuannya agar benih lebih cepat besar dan mutunya lebih baik. Namun, sering kali tingkat kematian yang lebih tinggi jika pendederan tidak di perhatikan dengan benar

Berikan pakan alami pada tingkat larva agar kualitas benih lebih baik. Pakan larva berupa supsensi kuning telur selama lima hari. Satu butir kuning telur dapat memenuhi pakan 100.000 larva. Setelah larva berumur 5 -7 hari berikan pakan tepung atau pelet. 

Kolam pembenihan ikan mas
Kolam pembenihan ikan mas terbagi menjadi tiga bagian dan masing-masing kolam mempunyai fungsinya sendiri.

  1. kolam perawatan induk ikan mas  kolam induk tujuannya adalah untuk merawat indukan yang di persiapkan sebelum peminjahan. Kolam induk tersekat menjadi 2 bagian yaitu kolam induk betina dan kolam induk pejantan, karena indukan betina dan pejantan tidak bole di jadikan satu sebelum waktu peminjahan. Ideal luas kolam indukan 30m2
  2. kolam Peminjahan kolam Peminjahan adalah kolam yang di persiapkan untuk mengawinkan ikan mas betinah dan jantan di satu kolam Peminjahan. Luas Kolam Peminjahan idelanya 20m2  dengan ketinggian air 30 cm. dan di dalam kolam Peminjahan dan pembenihan sebelumnya di dalam kolam di pasangi hapa terlebih dahulu. 
  3. Kolamm pendederan Kolam pendederan adalah kolam yang di persiapkan untuk mendeder benih ikan yang siap di besarkan ideal ukuran kolam 50m2

Pembesaran Ikan mas Sampai panen

Pembesaran ikan mas dapat di lakukan di media bak, kolam kolam air deras/sungai, kolam terpal, hamput, keramba, 

Sebelum kegiatan budidaya ikan mas di mulai wadah atau kolam budidaya wajib di persiapkan. Jika mengunakan kolam dengan dasar tanah, lahan perlu di olah dengan cara di kapur dan di pupuk terlebih dahulu.

Namun, lahan Budi daya di air deras tidak perlu dilakukan pengapuran dan pemupukan. Kondisi kesuburan tanah kolam tidak menjadi masalah dalam kolam air deras. Hal ini di sebabkan sumber pakan di air deras berasal dari pakan buatan yaitu pakan pelet. 

Kelebihan Ikan mas yang di pelihara di jaring apung akan cepat besar jika di beri pakan yang cukup. Tapi Untuk Budi daya ikan mas di jaring apung di butuhkan perairan yang cukup dalam sekitar 7 meter dan biaya investasinya cukup mahal. 

Fariasi Ukuran luas kolam pembesaran ikan mas 

Kolam tanah, tembok atau kolam terpal dapat berukuran 10mx10m / 5mx20m dengan kedalaman air 1m.  Ukuran tersebut dapat di buat petak petak kecil 5m x 5m untuk kolam terpal.

Untuk kolam keramba, dapat berukuran paling kecil 1m x 2m. Dengan demikian , dengan luas 10m2 terdapat 40-50 unit krambah. 

Untuk krambah jaring apaung, satu unitnya sebaiknya berukuran 10 m x 10 m dan di bagi menjadi empat petak dengan kedalaman minimal 3 m. Bentuk kontruksi bujur sangkar di perairan luas supaya cukup detail jika terkena terpaan angin atau arus pasir. 

Kelebihan dan kekurangan masing masing kolam pembesaran ikan. 

Kolam tanah atau tembok 
Kelebihan 
menghematbiayakarena tidak mengandalkan hapa atau akuarium. Benih yang hidup biasnya lebih baik mutunya
Kekurangan 
jumlahlarva kurang optimal

Kolam Hapa 
Kelebihan
-hasil larva lebih banyak 
-pengelolahan lebih mudah

Kekurangan
-biaya lebih banyak untuk pembuatan hapa

Akuarium/ bak fiberglass / terpal 
Kelebihan
- jumlah larva optimal 
- kondisi suhu dapat di atur 
- akuarium dapat di buat bersusun 
Kekurangan
-biaya investasi dan operasional lebih banyak

Pemilihan bibit ikan mas

Usaha pembesaran dapat dilakukan dalam satu segmen atau lebih dari satu Sekmen. Usaha satu segmen yaitu menebar benih ikan ukuran 5-7 cm atau 7-9 cm  sampai siap panen. Frekuensi pembesaran ikan mas dalam satu tahun sebanyak 3 kali panen. 

Pemberian pakan ikan mas berupa pelet dengan kandungan protein 28-30% pemberian pakan sebesar 2-3% berat ikan sebanyak 3 kali sehari

Padat benih ikan emas yang di sebarkan di kolam pembesaran berbeda-beda tergantung wadah pembesaran. 

Jika pembesaran mengunakan Jaring apung penyebaran benih ikan mas berkisar 400 sampai 500 ekor per meter kubik.

Jika pembesaran ikan mas di lakukan di krambah penyebaran ikan emas berkisar 100- 200 ekor per meter kubik. Sementara itu jika pembesaran ikan mas dilakukan di kolam air deras padat tebalnya sekitar 100 ekor m2.

Catatan penting untuk meminimalisir kerugian budidaya ikan mas

  1. Pilih benih yang berkualitas dan sudah teruji serta referensi dari sesama pem budidaya yang telah berhasil.
  2. Jaga kualitas air dan takaran pemberian pakan yang tepat dengan demikian serangan penyakit dapat di minimalisir.
  3. Perhitungkan penggunaan pakan karena keuntungan dapat diperoleh dari penghematan pakan 
  4. Segera panen ikan jika terjadi serangan penyakit yang kronis atau mendekati massal.

No comments