peluang yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan - Karya Putra Rembang

Header Ads

peluang yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan


Dengan melihat prospek usaha budidaya ikan, tentu akan memunculkan peluang yang dapat dimanfaatkan.
berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan peluang

komoditas ikan budidaya 
memanfaatkan ikan yang digemari, muda laku dengan harga yang baik di pasaran, dan memiliki nilai ekspor yang tinggi, tentu akan meningkatkan keuntungan di semua lini rantai pemasaran.

produk bernilai lebih 
artinya ikan dapat diolah menjadi produk bernilai tambah (values added product) sehingga menjadi produk yang mempermudah konsumen (user friendl product) seperti nugget tempura dan makanan berbahan dasar roti (breaded)

lahan
lahan minimal dapat dimanfaatkan untuk menjadi lahan produktif semaksimal mungkin. lahan dapat dimanfaatkan dalam usaha budidaya dan asalkan secara teknis masih dapat untuk menampung air sebagai media budidaya.

sumber air 
keberadaansumber air seringkali belum dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya ikan

tenaga kerja 
tenaga kerja dalam budidaya dapat dilakukan dengan mempekerjakan keluarga sendiri, atau tetangga dekat apabila usaha dapat memberikan penghasilan yang layak

kondisi pasar 
beberapa kondisi yang dapat meningkatkan peluang pasar produk ikan budidaya selalu terbuka.

  • kebutuhan ikan meningkat pada hari-hari besar dan hari libur tertentu misalnya hari Natal tahun baru dan musim liburan sekolah

  • kekuatan pasar di wilayah masing-masing daerah di daerah yang masyarakatnya gemar mengkonsumsi ikan tentu membutuhkan suplai dan cukup besar misalnya di kota-kota besar masyarakatnya rata-rata lebih suka mengkonsumsi ikan

  • kondisi musim angin kencang atau gelombang besar yang mengakibatkan nelayan tidak dapat melaut sehingga ikan hasil tangkapan menurun sebagai penggantinya kebutuhan beralih pada ikan budidaya.

  • terjadi penyakit endemik pada produk penghasil protein hewani lain seperti unggas burung dan sapi sapi gila yang akan meningkatkan kebutuhan ikan.


Untuk meningkatkan wawasan dan jaringan pemasaran pembudidayaan ikan sebaiknya menjalin kerjasama antar pembudidaya, pedagang, pengusaha atau lembaga lainnya. tujuannya untuk mendapat informasi kebutuhan pemenuhan produk maupun mencari pangsa pasar.

Kerjasama dapat dituangkan dalam bentuk hubungan timbal balik dua belah pihak atau lebih bahkan dapat membentuk semacam kelompok paguyuban ataupun asosiasi berikut berapa unsur penggerak usaha budidaya ikan dapat saling bekerja sama.

  1. pembudidaya ikan adalah pembudidaya ikan, baik tingkat pembenihan hingga pembesaran dari berbagai segala usaha budidaya besar, biasanya memiliki volume luas dengan teknologi budidaya modern sedangkan luas dengan teknologi budidaya modern sedangkan dengan usaha rumah tangga. 
  2. pedagang ikan adalah semua kegiatan memasarkan hasil dari kegiatan budidaya secara langsung maupun tidak langsung pengumpul maupun pengepul, penghubung dan pengecer.
  3. penyedia sarana budidaya adalah pedagang yang menyediakan kebutuhan untuk menunjang kegiatan usaha budidaya misalnya pedagang pakan ikan yang sangat dibutuhkan untuk usaha budidaya ikan.
  4. lembaga keuangan. Lembaga ini sangat diperlukan Karena tidak semua pembudidaya memiliki dana pribadi tujuannya agar pembudidaya dapat memanfaatkan dana dari lembaga keuangan seperti perbankan atau no perbankan.

Manfaat Menjalin kerjasama Antara pembudidaya ikan

Jalinan kerjasama yang dapat dilakukan di antaranya untuk mendapatkan hal-hal sebagai berikut.

teknologi budidaya seperti teknik pemijahan pembenihan dan pembesaran cara tersebut untuk mempercepat dan mempermudah budidaya ikan yang aman.

informasi pasar. Jenis informasi yang sangat diperlukan bagi usaha budidaya baik mengenai jenis produk ikan yang mudah dipasarkan dan mempunyai nilai jual yang baik volume kebutuhan pasar koma pasar tujuan upacara pemasaran sistem pembayaran dan pembeli.

sumber modal usaha. kerjasama berguna untuk membantu memberikan informasi dan mencairkan kemudahan untuk mendapatkan modal usaha atau bantuan usaha.

teknis transportasi. cara pengangkutan ikan yang baik dan praktis tersebut dapat menekan angka kematian kerusakan dan biaya transportasi

sarana budidaya. kerjasama dapat membantu dalam kemudahan mencairkan atau mengadakan sarana budidaya seperti bahan terpal untuk kolam pupuk kapur dan obat-obatan ikan.

No comments